Google+

Mansa Musa Orang Terkaya Sepanjang Sejarah

Leave a comment

November 3, 2012 by rayyanmaretan

Menurut situs berita CelebrityNetWorth.com, Mansa Musa I adalah orang terkaya sepanjang sejarah kehidupan dengan kekayaan pribadi senilai $400 miliar dolar amerika. Angka ini mengalahkan Warren Buffet ($64 miliar) bahkan Bill Gates ($136 miliar) sekalipun.

Mansa Musa hidup dari tahun 1280 sampai tahun 1337. Mansa Musa adalah Mansa kesepuluh. Mansa dapat diartikan “Raja diraja / Raja dari para raja”.
Mansa Musa menguasai kekaisaran Mali dari tahun 1312 sampai tahun 1337 meliputi Ghana Modern, Timbuktu, dan Mali di Afrika Barat.

Kekayaan Mansa Musa didapatkan dari hasil produksi garam dan emas yang memasok lebih dari setengah negara di dunia.

Kekayaan Mansa Musa digunakan untuk membangun masjid-masjid dan madrasah-madrasah di Mali, Timbuktu, dan Gao. Salah satunya yang masih berdiri hingga sekarang adalah Sankore Madrasah / Universitas Sankore.

Mansa Musa pernah melakukan perjalanan ke Mekkah pada tahun 1324 bersama 60.000 orang, 12.000 budak yang masing-masing membawa emas seberat 4 pound (1.8 kg) emas batangan, bentara (abdi dalem) yang menggunakan pakaian sutra, kuda-kuda terlatih, dan tas gagang. Dia juga menyiapkan segala kebutuhan prosesi, memberi makan pasukan dan anak buahnya serta hewan-hewan tunggangan. Juga kereta berisi 80 onta yang masing-masing membawa 50-300 pound emas urai (serbuk).

Dia membagikan harta tersebut kepada orang-orang miskin yang ditemuinya sepanjang perjalanan, emas-emas tersebut juga digunakan untuk berdagang dan membeli suvenir. Tidak hanya itu, Musa juga membangun masjid setiap hari jumat.

Musa juga mengunjungi Cairo, salah satu kota besar pada saat itu. Ia meninggal kesan yang kuat pada kunjungannya ini karena hadiah yang murah hati dan pembelanjaan. Ia menghabiskan senilai jutaan dollar yang menyebabkan nilai emas Mesir anjlok.
Ibnu Ilyas, orang Mesir pada abad 16 menyebutkan, kunjungan Mansa Musa adalah acara yang paling luar biasa pada tahun tersebut.
Mansa Musa banyak memberikan hadiah dan donasi di tempat ini.

Al-Omari, ilmuwan asal Afrika Utara menyatakan, “Mansa Musa adalah orang yang paling kuat, paling kaya, paling ditakuti musuh, paling beruntung, dan yang paling mampu berbuat baik pada orang-orang di sekitarnya.”

Komentar Anda ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: